Sunday, June 28, 2009

‡ Are You Romantic? ‡


Cinta itu buta.
Begitu pepatah kuno dengan tepat menggambarkan betapa cinta bisa menghilangkan akal seseorang.
Karena cinta seseorang rela mati.
Karena cinta seseorang mau saja bunuh diri.
Karena cinta orang mau berduel dan berperang.
Karena cinta orang mau berpayah-payah mendapatkan sesuatu.
Pendek kata, cinta bisa membuat hal-hal yang luar biasa.

Salah satu yang luar biasa dari cinta adalah romantisme.
Banyak orang percaya, mungkin termasuk Anda, bahwa cinta adalah berkah ajaib yang datang tiba-tiba dalam hidup.
Tanpa dinyana, berjumpa seseorang di dalam sebuah kereta lalu saling jatuh cinta begitu saja.
Cinta pada pandangan pertama begitu menggoda mereka.
Cinta juga dianggap kekuatan ajaib yang mampu mengatasi segalanya.
Asal ada cinta, semuanya beres.
Asal ada cinta, tidak ada yang tidak bisa dilakukan.
Asal ada cinta, bahagia pasti datang.
Mereka mengira cinta sebagai solusi bagi semua masalah.


Sangat banyak kisah tentang romantisme cinta yang bertebaran di sekitar kita.
Bahkan boleh dibilang hampir semua kisah cinta terkenal adalah kisah cinta romantis.
Seperti misalnya kisah cinta Putri Angsa yang mendambakan pangeran berkuda putih datang menyelamatkannya,
kisah Cinderella yang menanti cinta sejatinya,
kisah Romeo dan Juliet yang begitu bergelora,
hingga kisah Shrek, si ogre mahkluk rawa, mencintai Putri Fiona.
Mereka semua berhasil mengatasi segala rintangan hanya bermodal cinta.
Coba juga Anda cermati dalam film-film cinta kontemporer.
Sebagian besar kisah cintanya pasti kisah cinta romantis.


Apakah Anda memiliki keyakinan bahwa cinta sedemikian romantis seperti di atas?
Percayalah, memiliki keyakinan romantis tentang cinta, meskipun sangat indah,
tetapi tidak selalu membuat Anda bahagia.
Jika Anda memiliki keyakinan bahwa cinta sangatlah romantik,
namun Anda tidak mendapatkannya atau mendapatkan bentuk cinta yang berbeda,
maka Anda bisa kecewa berat dengan hubungan yang Anda jalin.



Berikut adalah sebuah kuis untuk mengetahui romantisme Anda.
Gambarkan diri Anda dengan menyatakan tingkat persetujuan Anda pada setiap pernyataan.
Gunakan skala penilaian berikut:

1 = Sangat tidak setuju
2 = Cukup tidak setuju
3 = Agak tidak setuju
4 = Keduanya, setuju dan tidak setuju sekaligus
5 = Agak setuju
6 = Cukup setuju
7 = Sangat setuju


Pertanyaan

1. Saya tidak merasa perlu mengetahui riwayat seseorang sebelumnya ketika saya jatuh cinta padanya.

2. Jika saya mencintai seseorang, saya berkomitmen setia padanya meskipun orangtua dan teman-teman saya tidak menyetujuinya.

3. Sekali saya mengalami cinta sejati, saya tidak akan pernah mengalaminya lagi dengan keindahan yang sama ketika bersama orang lain.

4. Saya percaya bahwa agar bisa benar-benar mengalami cinta yang sesungguhnya adalah dengan mencintai selamanya.

5. Jika saya mencintai seseorang, saya tahu saya dapat membuat hubungan saya berjalan baik meskipun terdapat banyak hambatan

6. Ketika saya menemukan cinta sejati saya, saya akan segera tahu sesaat setelah berjumpa.

7. Saya yakin setiap hal baru yang saya pelajari tentang seseorang yang telah saya pilih untuk berkomitmen padanya dalam jangka panjang akan semakin mendorong saya untuk berkomitmen kepadanya.

8. Hubungan yang saya jalani dengan cinta sejati saya akan sempurna.

9. Jika saya mencintai seseorang, saya akan menemukan cara bagi kami untuk bersama meskipun ada penentangan terhadap hubungan kami, ada jarak fisik yang jauh di antara kami, atau adanya hambatan lain.

10. Hanya ada satu orang yang benar-benar mencintai saya yang sepenuh hatinya.

11. Jika dalam sebuah hubungan saya merasa berarti, Semua hambatan akan bisa bisa diatasi.

12. Saya mungkin akan segera jatuh cinta jika saya bertemu dengan orang yang tepat.

13. Saya mengharapkan dalam hubungan saya romatisme selalu ada, hal tersebut tidak lekang seiring waktu.

14. Orang yang saya cintai akan menjadi pasangan romantik saya yang sempurna;
sebagai contoh, dia akan seutuhnya menerima saya, mencintai dan memahami saya.

15. Saya percaya jika seseorang dan saya saling mencintai satu sama lain,
kami dapat mengatasi semua perbedaan dan masalah yang timbul.


Penilaian

Jumlahkan semua nilai Anda untuk seluruh pertanyaan di atas.
Angka yang Anda dapatkan merupakan skor Anda.
Semakin tinggi skor Anda, maka keyakinan Anda tentang cinta romantis semakin kuat.



Diadaptasi dari Sprecher & Metts (1987), Development of the “Romantic Beliefs Scale” and Examination of the Effect of Gender and Gender-Role Orientation. Journal of Social and personal Relationships, 6 : 387-411

__________

Dikutip dari Psikologi Online,
hari ini cuman pengen ngasih test kecil2an ini ajah. Haha.

Hasil skor gw tuh 58.
Kalo skor penuh tuh berarti 15*7 = 105.
58 dari 105 nih gw.. Haha.
Pertengahan romantis lah ye? :P


Yah, just little test. :)

+Lyrics of the day+
I don’t wanna lose you
Yes, I wanna hold you
I don’t wanna make you,
Make you sad and make you cry
(Oh Baby by Cinta Laura)

2 issues:

Wandy said...

weuh skor gw 75 lia itu artinya apa ya?

Erlia Eleciel said...

wogh, nilai lo lebih tinggi dr gw?
curangnyaaa.. (dasar lebayish sih.. :P)

berarti y cukup romantis x ye.. :P