Wednesday, December 03, 2008

‡ If ‡


Jika kau mampu mempertahankan keberanianmu saat orang di sekitarmu
Kehilangan keberanian mereka dan menyalahkanmu;

Jika kau dapat mempercayai dirimu saat semua orang meragukanmu,
Tapi mentolerir keraguan mereka,

Jika kau bisa menunggu dan tak lelah menunggu,
Atau dibohongi, tapi tak membohongi,
Atau dibenci, tapi tak sudi membenci,
Tapi juga tak tampil terlalu baik, atau bicara terlalu bijak;

Jika kau dapat bermimpi -- dan tak membiarkan impian menguasaimu;
Jika kau dapat berpikir -- dan tak membiarkan pikiran menjadi tujuanmu,

Jika kau dapat menghadapi Kemenangan dan Bencana
dan memperlakukan kedua penipu itu secara sama;

Jika kau tahan mendengar kebenaran yang kau ucapkan
Diputarbalikkan oleh si penjahat untuk menjebak si bodoh;
Atau melihat segala sesuatu yang kau cintai, rusak,
Dan memungutnya dan membangunnya dengan peralatan usang;

Jika kau dapat menumpuk semua kemenanganmu
Dan mempertaruhkannya dalam satu langkah,
Dan kalah, dan mulai lagi dari awal,
Dan tak pernah membicarakan kesalahanmu;

Jika kau dapat memaksa hati dan saraf dan ototmu
Untuk melakukan giliranmu lama setelah mereka hilang,
Dan bertahan saat kau tak memiliki apa=apa
Kecuali Kehendak yang mengatakan: "Bertahanlah!"

Jika kau dapat berbicara dengan orang banyak dan mempertahankan nilai-nilaimu,
Atau berjalan bersama para Raja -- tanpa kehilangan akal sehat,

Jika musuh maupun kawan tercinta tak dapat menyakitimu;
Jika semua orang berarti bagimu, tapi tak berlebihan;

Jika kau dapat mengisi menit-menit yang tak berampun
Dengan enam puluh detik yang seharga lari jarak jauh,
Milikmulah Bumi ini dan semua di dalamnya,

Dan -- yang lebih penting -- kau menjadi Manusia, anakku!

(Rudyard Kipling)

__________

Sebuah poem yang gw kutip dari Chicken Soup for the Teenage Soul ini menarik hati gw dari judulnya yang simple yaitu "If" -- "Jika".

Betapa sering sih kita mengatakan JIKA atau KALAU atau ANDAI?

Ketiganya berarti sama;
kondisi di mana kita mengharapkan terjadi sesuatu yang kita inginkan,
di mana kondisi yang ada bukanlah demikian.

Memang manusia tidak pernah berhenti berharap,
tidak pernah berhenti memiliki mimpi,
dan karenanya tidak mungkin manusia tidak mengucapkan kata JIKA dalam hidupnya.

Gw sendiri memiliki banyak kata JIKA yang ingin gw katakan:
Jika gw mampu memenuhi harapan kedua orang tua gw,
Jika gw mampu mendengarkan seruan kenyataan sekitar gw,
Jika gw mampu membuka mata akan fakta yang ada,
Jika gw mampu membahagiakan orang-orang di sekitar gw,
dan Jika serta Jika yang lainnya...

Kita masing-masing punya JIKA milik kita masing-masing,
sekarang masalahnya adalah bagaimana kita mewujudkan JIKA tersebut menjadi AKHIRNYA;
akhirnya kita mampu mencapai JIKA yang kita inginkan...

Berbahagialah karena engkau terus memiliki JIKA karena engkau tetap bermimpi,
tetapi pikirkanlah JIKA yang terbaik,
lalu wujudkanlah sebaik mungkin segalanya demi seutuhnya kehidupanmu. =)


+Lyrics of the day+
What if there was no light.
Nothing wrong, nothing right.
What if there was no time?
And no reason or rhyme?

What if I got it wrong?
And no poem or song..
Could put right what I got wrong,
Or make you feel I belong

Every step that you take
Could be your biggest mistake
It could bend or it could break
But that's the risk that you take
(What If by Coldplay)

0 issues: