Tuesday, December 23, 2008

‡ Paint Brush ‡


Aku selalu membawa kuasku
Ke mana pun aku pergi,
Kalau-kalau aku perlu menutupi
Agar tak terlihat diriku yang asli.
Aku sangat takut memperlihatkan diriku,
Takut dengan yang akan kau perbuat -- takut
Kau akan tertawa atau mengejekku.
Aku takut akan kehilangan dirimu.

Aku ingin melepaskan semua lapisan catku
Menunjukkan diriku yang asli dan nyata,
Tapi aku ingin kau mencoba mengerti,
Aku perlu kau menerima apa yang kau lihat.
Jadi, kalau kau bersabar dan menutup mata,
Akan kutanggalkan semua lapisanku perlahan.
Tolonglah mengerti betapa sakitnya
Membiarkan diriku yang asli terlihat.

Sekarang semua lapisanku sudah terlepas.
Aku merasa telanjang dan kedinginan,
Dan kalau kau masih mencintaiku apa adanya,
Kau adalah temanku, semurni emas.

Tapi, aku perlu menyimpan kuasku,
Dan memegangnya dalam tanganku,
Aku ingin kuas itu siap kupakai
Kalau-kalau ada yang tak mengerti.
Jadi, lindungilah aku, kawan
Dan terima kasih atas ketulusan kasihmu,
Tapi biarkanlah aku menyimpan kuasku
Sampai aku juga mencintai diriku.

(Bettie B. Youngs)

__________

Sebuah puisi yang gw ambil dari Chicken Soup for the Teenage Soul ini mengajarkan hal yang sederhana namun menarik kepada kita semua.

Apakah kalian termasuk tipikal orang seperti yang ada pada puisi di atas?
Seseorang yang kerap menyembunyikan diri asli kalian?

Tidak jarang ada pribadi yang demikian;
tidak semua orang bisa menerima diri kita apa adanya kita.

Perlu waktu untuk menyesuaikan diri kita dengan lingkungan,
menerima diri kita sendiri,
memberi ruang agar orang lain menerima kita,
dan agar kita menerima diri orang lain apa adanya mereka.

Tatkala ada orang lain yang kembali menolak keaslian diri kita,
adakah sahabat yang berada di sisi kita dan membela kita?
Adakah seseorang yang meyakinkan kita bahwa kita berhak menjadi diri kita sendiri?

Di atas itu semua,
sudahkah kita mencintai dan menerima diri kita sendiri?

Biarkanlah gw menyuguhkan versi asli puisi ini y... =)


I keep my paint brush with me
Wherever I may go,
In case I need to cover up
So the real me doesn't show
I'm so afraid to show you me,
Afraid of what you'll do--that
You might laugh or say mean things.
I'm afraid I might lose you.

I'l dike to remove all my paint coats
To show you the real, true me,
But I want you to try and understand,
I need you to accept what you see.
So if you'll be patient and close your eyes.
I'll strip off all my coats real slow.
Please understand how much it hurts
To let the real me show.

Now my coats are all stripped off.
I feel naked, bare and cold,
And if you still love me with all that you see,
You are my friend, pure as gold.

I need to save my paint brush, though,
And hold it in my hand,
I want to keep it handy
In case somebody doesn't understand.
So please protect me, my dear friend
And thanks for loving me true,
But please let me keep my paintbrush with me
Until I love me, too.


+Lyrics of the day+
I know sometimes you feel like you don't fit in
And this world doesn't know what you have within
When I look at you, I see something rare
A rose that can grow anywhere (grow anywhere)
And there's no one I know that can compare
(What Makes You Different by Backstreet Boys)

0 issues: