Kali ini, kita gak ngajak lo buat berdoa. Itu biarlah jadi kesadaran diri masing-masing aja.
Lebih baik bertanya, karena yang lo percaya belom tentu bener, dan memakan sesuatu yang gak tau asal-usulnya sama saja seperti belajar ngapalin butir-butir pancasila tanpa lo tau apa kegunaannya... yuck!

Jadi, coba tanya kiri, kanan, depan, belakang, colak-colek orang di sekitar lo ketika mereka hendak menyantap makanan-makanan di bawah ini... dan tanyakan...

“Hei kamu! Tahukah kenapa benda itu dinamakan....”


Telor Mata Sapi
Konon:
Menurut penelitian kecil kami, nama ini sebenernya berasal dari bahasa Perancis, oeil de boeuf, yang artinya bull’s eye.
Maksudnya dinamain begitu sama orang Perancis sih karena bentuk telor itu mirip sama bullseye, alias lingker lingkaran bulet-bulet yang biasa jadi target kalo lo lagi main darts itu. Namun nama itu akhirnya asal diculik dan diartiin secara plek-plekkan jadi telor mata sapi.

Halah, asal! Itu aja salah ngartiin..kan harusnya telor mata banteng kan yaa?


Nasi Kucing
Konon:
Seorang temen kita yang Jawa asli bilang nasi ini dinamain nasi kucing karena begitulah cara orang-orang Jawa kalo lagi ngasih makan kucing.
Nasi seiprit, sayur seiprit sama ikan/ayam seiprit.

Pokoknya, prinsip orang Jawa dalam ngasih makan kucing adalah yang penting ada ayam/ikannya deh, tuh kucing pasti udah gembira sentosa. Setidaknya, begitulah menurut temen kami itu, yang eyangnya di kampung punya selusin kucing.


Es Teler
Konon:
Es teler ini diciptain sama seorang bapak yang bernama Tukiman Darmowijono di tahun 80an. Pak Tukiman ini punya kedai es teler di daerah Megaria yang rajin jadi tempat nongkrong ABG setempat.

Nampaknya ‘teler’ adalah satu bahasa gaul yang cukup cihuy di jamannya mas boy itu selain ‘nih ye...’, ‘memble aje’ dan bahasa-bahasa prokem lainnya, soalnya ABG yang nongkrong disitu nyebut es jualan pak Tukiman dengan ‘es teler’ karena enaknya bisa bikin lo sampe teler.


Bir Pletok
Konon:
Minuman khas betawi yang dibikin dari rempah-rempah ini dengan maksud ngebikin badan anget pas lagi ronda ini dikasih nama bir pletok karena jaman dahulu kala suka ada yang gaya minumnya dingin-dingin pake es batu macem tuan dan nyonye belande yang lagi minum bir.

Tapi emang dasarnya ini minuman anget, kalo dimasukin es batu berbunyi deh tu minuman... ‘pletok.. pletok...’, dan maling pun jadi kabur.


Nasi Gila
Konon:
Nama ini lahir di daerah Menteng, Jakarta Pusat, ketika ada seorang nenek yang sudah kehilangan akal sehatnya (gila) memesan nasi goreng dengan berkata "mang, pesen nasi goreng, tapi nasinya gak digoreng", semenjak itulah diberi makanan ini diberi nama nasi gila.

Namun ada juga yang bergosip bahwa asal nama makanan ini karena cara memasaknya yang bak orang gila kesetanan karena semua bumbu dan bahan dicampur dan diawut-awut jadi satu, dari mulai telor, sosis, bakso, kambing, ayam bahkan sampe jeroannya.


Mie Panjang Umur
Konon:
Buat lo yang gak tau, mie ini biasanya ada di perayaan-perayaan imlek gitu. Nah, setelah tanya sana sini sambil minta angpau, ternyata mie ini dikasih nama mie panjang umur soalnya ngelambangin harapan akan umur yang panjang jaya.

Lucunya, ini mie emang harus disajiin gak putus-putus dari ujung awal ke ujung akhir, tapi kalo cara makannya ya untungnyaaa masih boleh digigit. Kalo gak, yaa lo bayangkan sendirilah bagaimana caranya ngabisin mie sepiring gede tanpa boleh mutusin mie-nya!


Kopi Tubruk
Konon:
Asal nama kopi ini gara-gara dibikin dari biji kopi yang diancurin, bahasa Jawanya: ditubrukin.

Tapi ada juga yang bilang, dinamain kopi tubruk soalnya minuman ini dibikin pake asal tubruk. Serbuk kopi langsung ditubrukin pake aer panas, gak pake saring-saringan segala. Jadi masih banyak ampas-ampas kopinya dimana-mana.

Tapi meskipun gak secakep kopi-kopi yang biasa ada di coffee house mal-mal, rasanya kopi tubruk ini boleh diadu! Abis minum kopi ini lo bisa begadang semaleman, tanpa takut nubruk siapa-siapa!! (Andalan sopir-sopir antar kota hehehe..)

__________

Dikutip dari PROVOKE!, hari ini gw hanya memposting artikel semata,
artikel tentang makanan pula. Haha.

Yap, asal-usul penamaan sesuatu itu selalu membuat gw tertarik,
termasuk yah makanan ini d. Wkwk.
Banyak nama makanan yang unik dan asal-usul penamaannya tuh macam-macam.

Hayo, siapa lagi yang punya sejarah penamaan makanan? =p


+Lyrics of the day+
When you come to me
Come to me with cake In your pocket
Come to me nicely
With that soft kinda cake That's mostly icing
Come to me ready and rude
Bring me angel food
Angel food
(Angel Food by Ani Difranco)

0 issues: