Tuesday, January 13, 2009

‡ I Talk to Me ‡


Aku banyak bicara kepada diri sendiri belakangan ini
Tentang apa pun yang kuperbuat.
Kutemukan bahwa aku sering sangat butuh
Pembicaraan yang serius.

"Tarik pundakmu ke belakang," kataku kepadaku,
sambil beranjak ke ruang tengah.
Pundak kutegakkan, langkah kutegapkan;
Ah, semoga aku tidak jatuh.

Kukatakan kepadaku, begitu aku bangun,
Dan ketika nyeri sungguh menyiksa,
"Ingat, banyak yang menderita lebih dari ini
lebih daripada yang pernah kualami."

Betapa sungguh menjengkelkan
Karena tak paham yang mereka katakan
Dan aku curiga
Bahwa aku dijawab sekenanya.

Maka kuingatkan diriku
Jawaban sekenanya bukan hal baru.
Terkadang aku pun begitu,
Menjawab seenak perutku.

Belakangan ini aku butuh kaca pembesarku
Maka kataku kepadaku,
"Bersyukurlah masih bisa membaca
Banyak yang melihat pun sudah tidak bisa."

Kukatakan kepadaku aku harus olahraga
Walau kulebih suka duduk dan membaca
Tapi kalau aku ingin tetap kuat
Yang telah kukatakan harus kuturut.

Aku masih dapat berjalan, melihat, dan mendengar
Meski tidak lagi seperti sebelumnya.
Kupikir ini sungguh membantu
Saat aku bicara dengan aku.

(Phil Colburn)

__________

Karya tulis yang gw ambil dari Chicken Soup for the Unsinkable Soul ini memiliki catatan editor di awalnya:

Phil Colburn seorang janda, sembilan puluh sembilan tahun.
Ia membuat puisi agar pikirannya tetap jernih,
dan mengirimkan sebuah puisi setiap bulan kepada buletin gerejanya.


Dari apa yang gw baca,
entah mengapa gw merasa bahwa kadang gw begituh,
dan mungkin memang manusia kadang berpikir begitu.

Alangkah menjengkelkan jika tidak bisa mendapatkan apa yang diinginkan,
alangkah menyebalkan jika tidak bisa melakukan apa yang diharapkan,
tetapi pernahkah terpikir untuk meyakinkan diri sendiri bahwa kita harusnya bersyukur?

Banyak yang tidak memiliki nasib sebaik kita,
yang hanya bisa mensyukuri nafas yang dihirup dan dihembuskannya selama hidup,
dan marilah kita berbicara dan berkata kepada diri kita sendiri kala kita sedang dalam masa yang menjengkelkan. =)


+Lyrics of the day+
Have a little talk with myself (have a little talk with myself)
Have a little talk with myself (have a little talk with myself)
A little private conversation, a little self examination
A little attitude correction, a little soul search and inspection
Start headin' in the right direction
Take a little walk (take a little walk)

And I think it's just about time to...
Analyze it, Recognize it,
Itemize it, Criticize it,
Realize (realize), Organize (organize)
Summarize (summarize) Ostracize it
(Have a Little Talk with Myself by Ray Stevens)

0 issues: