Monday, April 27, 2009

‡ Things to Think ‡


Membaca Why Mars & Venus Collide karya John Gray, Ph. D.,

bab 8, Cara Menghentikan Percecokan dan Berbaikan,
perlulah ada waktu jeda ketika muncul permasalahan di antara pria dan wanita.

Memang benar lebih baik menyelesaikan masalah secepat mungkin;
tapi salah besar jika ketika ada masalah lalu kita bersikeras menyelesaikannya saat itu juga.
Menurut buku Why Mars & Venus Collide,
berikanlah waktu jeda untuk berpikir bagi kedua belah pihak.

Hari ini, gw akan menyertakan apa sih yang perlu dipikirkan kedua belah pihak ketika waktu jeda...

__________

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Wanita Selama Waktu Jeda

#1. Apa salahnya?
#2. Apa penyebab kemarahanku, kesedihankku, atau ketakutanku?
#3. Apa yang aku harapkan dia katakan, lakukan, atau rasakan?
#4. Apakah ekspektasiku terlalu tinggi?
#5. Apa yang sebenarnya aku butuhkan?
#6. Apa yang sebetulnya dia butuhkan?
#7. Sejauh mana dia menyalahartikanku?
#8. Sejauh mana aku menyalahartikannya?
#9. Apa yang kusesali?
#10. Apa yang bisa aku percaya, terima, atau hargai dari dirinya?
#11. Untuk apa aku memaafkannya?
#12. Apa yang aku ingin dia katakan atau lakukan?


Hal yang Perlu Dipertimbangkan Pria Selama Waktu Jeda

#1. Kata-kata menyebalkan apa yang dia katakan?
#2. Apa yang tidak dia katakan yang seharusnya dia ungkapkan?
#3. Apa yang dia coba sampaikan?
#4. Bagaimana kalu dia menyampaikannya dengan cara lain?
#5. Apa yang dia perlukan?
#6. Apa yang aku perlukan?
#7. Sejauh mana dia menyalahartikanku?
#8. Sejauh mana aku menyalahartikannya?
#9. Penyelesaian seperti apa yang terbaik untuk kita masing-masing?
#10. Apa yang kusesali, atau bagaimana seharusnya aku melakukannya?
#11. Untuk apa aku memaafkannya?
#12. Apa yang aku ingin dia katakan atau lakukan?

__________

Gw pernah mempraktekkannya sekali dan cukup berguna x yah dalam perenungan sih.
Waktu jeda itu harap dimanfaatkan sebaik-baiknya.
Dan pikirkan konsekuensi yang akan terjadi di masa depan nanti kalau keputusan telah kamu ambil. =)

Semoga artikel ini berguna yah.. Hehe.


Wanna say 'thank you' to Carter,
for 6 months of memories...
Very happy for half year we've been through... =)


+Lyrics of the day+
Seandainya kau ada disini denganku
Mungkin ku tak sendiri
Bayanganmu yang selalu menemaniku
Hiasi malam sepiku
Kuingin bersama dirimu

Ku tak akan pernah berpaling darimu
Walau kini kau jauh dariku
'Kan slalu kunanti
Karena ku sayang kamu

Hati ini selalu memanggil namamu, dengarlah melatiku
Ku berjanji hanyalah untukmu cintaku
Adakah rindu dihatimu, seperti rindu yang kurasa
Haruskah ku terus terlena, tanpamu di sisiku
Ku 'kan slalu menantimu
(Karena Ku Sayang Kamu by Dygta)


2 issues:

Willy said...

cie ileeeeh.... soo swweeeeettt....
pengen donk punya pacar...
R cariin....

Erlia Eleciel said...

ih, willy, jangan sirik...
Khan dah ada maria..
Wakakak.

Btw, sejak kapan nickname gw jadi 1 huruf R doank? Haha.