Sunday, August 24, 2008

‡ Sacrifice is Useless... or Not? ‡


Ada sesuatu yang disebut dengan pengorbanan dalam melakukan segala sesuatu,

atau istilahnya ada yang bilang, "Kalau mau mendapatkan hasil yang baik, kita harus mengorbankan sesuatu yang nilainya sepadan."

Makanya ada yang bilang kalau kita gk mau bekerja keras,
y kita gk bakal mendapatkan hasil sesuai dengan yang kita inginkan.
Gw setuju dengan itu tapi gw kurang setuju dengan pendapat yang berlawanan.

Apa pendapat yang berlawanan itu?
Di mana ada orang-orang yang bilang,
"Apa gunanya kita berusaha keras tapi ternyata hasil yang kita capai sama dengan orang yang tidak berusaha?

Kata-kata itu sering banget gw denger dari orang-orang di sekitar gw,
dan kalau denger kata-kata itu bisa bikin orang yang berusaha malah jadi down dan gk mau berusaha d.

First of all,
bwt orang-orang yang memang udah megang prinsip kayak gituh,
tolong jangan pengaruhi orang lain bwt ikut-ikutan prinsip kalian yah.
Gw seh gk mau komentar tentang prinsip orang,
tapi yah jangan menarik orang lain untuk setuju dengan prinsip kita y...

Yang kedua,
gw cuman mau bilang kalau prinsip itu mungkin gk salah sepenuhnya,
kadang memang ada kasus seperti itu kok,
dan kalau menurut gw sih itu cuman karena unsur luck atau istilah lainnya 'hoki'.

Gw sering dikomentarin ama kedua orang tua gw,
bahwa lo gk ush banding-bandingin keburukan yang ada dalam diri lo ama orang lain,
jadi kalau lo gagal walau lo berusaha dan ada orang lain gagal sementara ia memang tidak berusaha,
jangan bilang, "Gw ama dia berbeda jauh dalam soal usaha, tapi kenapa hasil kita sama saja? Lebih baik gw gk usah berusaha juga dari awal!"

Itu adalah poin yang sangat tidak gw setujui,
karena menurut gw kadang hasil itu bukanlah segalanya,
proses lo mencapai hasil itu lebih penting menurut gw,
proses di mana lo mau berusaha sepenuhnya untuk hasil itu,
dan perasaan lo sendiri untuk mencapai hasil itu.

Kasus nyata yang pernah gw alami adalah perbandingan antara di mana gw terus-terusan malas-malasan ngerjain tugas sekolah gw meski akhirnya selesai,
dengan kejadian di mana gw giat banget ngerjain tugas kelompok bareng temen-temen dan akhirnya selesai juga.

Nilai di mana gw bekerja lebih giat lebih rendah,
padahal tugas sekolah itu sama-sama membuat kliping bahkan topiknya sama,
dan apakah gw menyesal dan berpikir bahwa lebih baik gw kerja sendiri saja?

Enggak.

Gw mendapatkan something selama proses pembuatan bersama-sama,
share pendapat masing-masing,
belajar untuk mendengarkan saran dan kritik dari orang lain,
memperoleh pengetahuan yang beragam dari orang yang berbeda-beda.

Apa ini berlaku karena gw orang yang suka bekerja sama?

Salah total.

Gw jauuuuh lebih suka bekerja sendirian dibanding bekerja ramai-ramai,
jujur ajah sih.
Gw lebih sreg ajah kalau diberi pekerjaan untuk bekerja sendiri,
tapi gk berarti gw gk suka melakukan suatu proyek bersama-sama.

Pengorbanan yang lo lakukan bisa berupa waktu,
kerja keras selama berhari-hari,
bahkan stress pun merupakan suatu hal yang lo korbankan untuk menjadikan hasil yang lo inginkan tercapai.

Seenggaknya gw sendiri pribadi percaya,
selama gw percaya pengorbanan gw gk akan sia-sia,
memperhatikan proses yang gw lakukan dengan harapan hasil terbaik,
dan selalu bersyukur untuk apapun yang terjadi,
gw akan mendapatkan hasil yang terbaik.


(Seperti post-post gw lainnya,
gw sama sekali gk bermaksud menyinggung pihak mana pun ya,
ini semua pikiran terbuka gw pribadi...)


+Lyrics of the day+
世界の終わりで 生まれた光 今 風の中

綺麗事だけじゃ生きれない
優しさだけじゃ癒せない

奪われたのは何だ?
変わらない世界で
聞こえて来たのは何だ?
色彩の歌

Everything is bright

砕け散った夢を 明日の果てに 響かせるように
世界の終わりで 生まれた光 僕ら一つに
今 風の中

他人事みたいに笑えない
寂しさだけじゃ拭えない

勝ち取った物は何だ?
争いの果てに
聞こえて来たのは何だ?
悲しき叫び

Everything is crying

砕け散った夢を 明日の果てに 響かせるように
世界の終わりで 生まれた光 僕ら一つに
今 風の中

誰も泣かせないで 帰れ 満たす心に
もう何もかも超えて

Everything is bright

あの日見た空を 願いの先へ 届かせるように
世界の始まり 創造の朝に 僕ら真っ白い
今 風になる

(World End by Flow)

The light that was born at the world’s end is now in the wind

I can’t live just by whitewashing
I can’t heal just by kindness

What was stolen?
In an unchanging world
What did I hear?
A colorful song

Everything is bright

So to let shattered dreams echo to the edge of tomorrow
Light was born at the world’s end; we become one
Now in the wind

I can’t laugh like it’s someone else’s business
I can’t wipe it away just with loneliness

What was won?
At the end of the fighting
What did I hear?
A sad shout

Everything is crying

So to let shattered dreams echo to the edge of tomorrow
Light was born at the world’s end; we become one
Now in the wind

Don’t let anyone cry; return to your filled heart
Overcome just about everything already

Everything is bright

So to let the sky that I saw back then reach ahead of my wishes
In the morning that creates the world’s beginning, we’re pure white
Now we become the wind

1 issues:

Carter Bing Andika said...

"Sacrifice is Useless... or Not?"

Sacrifices is useless IF it's worthless..

Proses Vs Hasil mana yang lebih penting?
Tergantung dari sudut pandang mana kita memandangnya, Dalam situasi tertentu, Proses lah yang terpenting, tadpi dalam situasi lainnya hasil lah yang terpenting..

contoh :
Skripsi.. Kamu buat skripsi itu mati2an n bareng2, pokoknya suka duka bersama ada di skripsi itu, tapi ternyata setelah sidang akhir, kamu dinyatakan nda lulus, dan harus mengulang skripsi anda lagi.. apa gunanya proses? ya kan?

Tapi dalam situasi lainnya, contoh :
Persahabatan, akan lebih baik menjadi sahabat dengan proses yang indah, dibanding biasa2 aj kan? kalo dengan proses yang indah, akan menjadi kenangan yang tak terlupakan, walopun hasil nya sama2 sahabat..

Hiduplah sesuai dengan situasi, Act Wisely..

Human have choices,, Choose Wisely.. :)

(That's My own opinion ^^)